//
kamu sedang membaca
Berita, Cilegon

Kerugian akibat kebakaran naik 1000 persen.

Dalam tiga tahun terakhir kerugian material diderita warga akibat kebakaran naik lebih dari 1.000 persen. Berdasarkan data Kantor Pemadam Kebakaran (Damkar) Cilegon, kerugian akibat kebakaran pada 2009 mencapai Rp 2,128 miliar, setahun kemudian menjadi Rp 2,81 miliar, dan berikutnya kembali naik hingga Rp 101,117 milar.

“Dua kerugian paling besar saat terjadi kebakaran di Pasar Kranggot yang mencapai Rp 64 miliar September lalu dan kebakaran kapal laut Teduh II dengan nilai Rp 34 miliar,” kata kepala Kantor Pemadam Kebakaran Purwadi, saat ditemui di kantornya, kemarin. Sejak 2009, telah terjadi 35 kasus kebakaran di Cilegon dengan korban meninggal  31 orang dan tujuh mengalami luka bakar.

“Kebakarannya sendiri paling banyak terjadi di alang-alang dengan sembilan kasus, rumah tinggal enam kasus, lima kasus menimpa toko, dua kasus terjadi di kapal serta satu kasus di pasar,” jelas Purwadi.
Ia mengatakan, penyebab kebakaran umumnya akibat hubungan arus pendek, sinar matahari, bakar sampah, puntung rokok, tabung gas LPG maupun tumpahan aspal. “Dan yang paling sering terjadi karena hubungan listrik dengan 11 kasus,” ungkapnya.
Purwadi mengaku kalau Cilegon rawan terjadinya kebakaran. Ini lantaran banyaknya industri kimia dan padat pemukiman yang ada.
Anggota Komisi I DPRD Cilegon Rosyid meminta perusahaan maupun instansi pemerintah menyediakan fasilitas alat kebakaran. “Ini merupakan bentuk pencegahan dini,” ujarnya.
Rosyid juga minta PLN memberikan sosialisasi terkait pemasangan instalasi listrik yang aman. “Selama ini penyebab dominan akibat arus pendek, untuk itu PLN harus proaktif PLN,” katanya.
Hal senada dikatakan Ketua Komisi I DPRD Cilegon Rebuddin. “Bahkan, PLN harusnya melakukan pengecekan berkala kepada para pelanggannya,” ungkapnya. (mg-05/del)

About infocilegon

All about Cilegon

Discussion

No comments yet.

Tinggalkan komentar:

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

November 2011
M T W T F S S
    Dec »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930  

Facebook Fans Page

%d bloggers like this: