//
kamu sedang membaca
Berita, Cilegon

Rekonstruksi pasar Kranggot, walikota Cilegon lobi menteri 20M.

Pemkot Cilegon membutuhkan dana sebesar Rp 20 miliar untuk pembiayaan rekonstruksi Pasar Kranggot pascakebakaran akhir September lalu. Untuk mendapatkan anggaran itu, Pemkot tengah melobi pemerintah pusat untuk direalisasikan pada tahun anggaran 2012.
Hal tersebut disampaikan Walikota Tb Iman Ariyadi saat jumpa pers di Rumah Makan Laguna, Selasa (29/11). Walikota mengaku telah bertemu Menteri Perdagangan Gita Wirjawan dalam rangka membicarakan bantuan keuangan untuk Pasar Kranggot, Senin (28/11). “Saya sampaikan bahwa Pasar Kranggot telah mengalami musibah kebakaran. Untuk itu, Pemkot akan melakukan rekonstruksi namun membutuhkan suntikan dana senilai Rp 20 miliar,” ujarnya.
Tidak hanya secara lisan, permohonan itu dituangkan dalam bentuk proposal. Termasuk data pembangunan 378 kios dan 509 awning yang terbakar. “Kami akan membangun kembali seperti semula. Pedagang tak perlu membayar lagi tinggal menempati saja,” ungkapnya.
Selain terkait rekonstruksi, Walikota pun menyampaikan permohonan bantuan untuk program revitalisasi pasar tradisional dan program ‘Satu Kecamatan Satu Pasar’. “Saya menyampaikan keinginan Pemkot meningkatkan perekonomian masyarakat melalui pembangunan pasar tradisional di setiap kecamatan. Jika itu dikabulkan, maka saya telah meminta Pak Menteri (Menteri Perdagangan Gita Wirjawan-red), untuk meresmikan secara langsung program yang saya sebut sebagai program kebangkitan ekonomi masyarakat,” jelasnya.
Sementara Sekda Cilegon Abdul Hakim Lubis mengungkapkan, pihaknya juga telah mengusulkan anggaran rekosntruksi pasar tersebut dalam RAPBD 2012. Saat ini, Pemkot tengah menunggu usulan tersebut dibahas bersama panitia anggaran legislatif. “Awal bulan ini akan dilakukan pembahasan anggaran bersama legislatif. Nanti berapa besar anggaran yang akan digunakan berdasarkan hasil keputusan rapat tersebut,” jelasnya.
Pada bagian lain, Plt Kabid Cipta Karya pada Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Jhony Husban menjelaskan, rekonstruksi Pasar Kranggot membutuhkan waktu enam bulan. “Awal tahun depan segera kami mulai. Rencananya jika tak ada bantuan dari APBD Banten dan APBD Pusat, maka kami akan gunakan anggaran dari APBD Cilegon,” katanya.
Terkait pembangunan tempat penampungan pedagang sementara, Jhony mengatakan, proyek tersebut telah selesai. “Sekarang tinggal penyempurnaan saja, seperti pembuatan fasilitas jalan dan paving block yang akan selesai beberapa hari lagi,” ujarnya.
Komentar lain datang dari Ketua Harian Badan Anggaran DPRD Cilegon Adad Mussadad. Pihaknya mengatakan, bila pemerintah pusat maupun provinsi tidak memberikan bantuan dana, pihaknya akan mendorong semaksimal mungkin agar ada alokasi APBD khusus untuk perbaikan pasar tersebut. “Ini akan menjadi bahasan kita dalam rapat RAPBD 2012 antara eksekutif dengan legislatif besok (Rabu, 1/12). Telah menjadi komitmen kami agar Pasar Kranggot bisa diperbaiki 2012,” ungkapnya. . (quy-ibm-mg05/del/zen)(radarbanten)

About infocilegon

All about Cilegon

Discussion

No comments yet.

Tinggalkan komentar:

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

November 2011
M T W T F S S
    Dec »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930  

Facebook Fans Page

%d bloggers like this: